Biaya bangun rumah ukuran 8m x 7m

Ada pertanyaan masuk mengenai biaya bangun rumah ukuran 8m x 7m yang dindingnya memakai bahan bangunan hebel alias bata putih, konsultasi rumah tersebut diajukan oleh bapak Cepi Nadiman, seperti ini.

Cepi Nadimaan =”Kira-kira bangun rumah dengan ukuran 8m x 7m, berapa biaya yang harus dikeluarkan dengan menggunakan bata hebel yang besar itu? Ditunggu penjelasanya.”

o.k mari kita jawab, sebelumnya karena data rumahnya hanya berupa ukuran dan material dinding saja, maka tidak memungkinkan untuk dihitung secara rinci berupa rencana anggaran biaya bangunan (RAB) maka kita hitung memakai sistem m2 saja, sekaligus biar lebih mudah serta cepat menjawabnya 🙂

 

Menghitung luas rumah 8m x 7m

Pertama kita cari dulu luasan rumahnya, karena bangunan berbentuk persegi panjang maka luasnya bisa dihitung dengan rumus panjang x lebar, jadi dengan ukuran rumah tersebut maka luasnya adalah 8×7 = 56m2

Harga bangun rumah per m2 (upah tenaga + material)

untuk bangunan rumah tinggal kulitas standar yang menggunakan dinding bata hebel, lantai keramik, plafond gypsum rata-rata biaya per meter persegi sekitar Rp.3.000.000,- harga tersebut sudah termasuk ongkos material dan upah tenaga kerja sampai rumah 100% jadi, harganya bisa kurang atau lebih menyesuaikan kondisi bangunan, waktu pelaksanaan, lokasi pembangunan, serta hal-hal lainya.

Kebutuhan bata hebel

untuk mengetahui berapa jumlah hebel yang diperlukan maka kita perlu tahu bagaimana bentuk ruanganya, dan berapa ketinggian rumah, dari situ bisa dihitung total volume luas dinding dalam m2, selanjutkan dikalikan kebutuhan hebel ukuran 7,5cm x 20cm x 60cm per m2 yang jumlahnya +/- 8bh.

Menghitung biaya bangun rumah 8m x 7m

  • Biaya bangun rumah = luas rumah x harga per m2
  • Biaya bangun rumah = 56m2 x Rp.3.000.000,- = Rp.168.000.000,- terbilang (seratus enam puluh delapan juta rupiah).

 

Jadi sekarang kita sudah tahu berapa perkiraan budget yang diperlukan untuk mewujudkan pembangunan rumah tersebut sampai jadi komplit siap ditempati, tapi itu tidak termasuk furniture atau perabot didalamnya. demikian semoga bisa memberikan gambaran mengenai biaya bangun rumah 8m x 7m.

Leave a Reply