Biaya Bangun Rumah yang Hemat

Setiap orang tentu saja berkeinginan untuk memiliki rumah dengan biaya yang murah dan hemat. Apalagi rumah adalah kebutuhan yang mutlak bagi setiap orang, keberadaan rumah menjadi sangat penting karena rumah merupakan tempat bernaung dan istirahat yang nyaman dan efisien. Rumah adalah lambang kehangatan, kasih sayang, tempat menumbuhkan ikatan emosional yang beragam antara anggota keluarga dan lain-lain.

Bagi Anda yang baru saja membina rumah tangga, atau pun pasangan yang sudah lama menikah namun belum menempati rumah sendiri, tentu saja sangat berkeinginan untuk memiliki rumah sebagai bagian dari agenda penting dalam hidup Anda.

Mewujudkan rumah dengan biaya yang hemat dan murah tidak sesulit yang dibayangkan, kok. Sebelum berencana untuk membangun rumah, sebaiknya memang Anda memikirkan tentang biaya bangun rumah, dan beberapa hal penting lainnya. Kebanyakan orang memang masih awam bagaimana menghitung perkiraan biaya bangun rumah, namun tidak berarti sulit untuk dipelajari. Dengan mengetahui biaya bangun rumah, Anda akan daapt mempersiapkan biaya bangun rumah jauh-jauh hari serta dapat mempersiapkannya sejak dini. Hal ini juga akan sangat membantu Anda untuk mempersiapkan dana cadangan dan pengetahuan, agar Anda tidak tertipu oleh tukang atau pun pemborong yang “nakal”.

Biaya Arsitek ataupun Kontraktor

Sebenarnya tidak ada aturan yang pasti mengenai kisaran berapa besar biaya yang dikeluarkan untuk menyewa arsitek ataupun kontraktor, tergantung dari  hasil negoisasi antara Anda dan kontraktor ataupun arsitek tersebut. Ditambah dengan kualitas dari hasil pekerjaan dari arsitek ataupun pemborong yang bersangkutan.

Untuk menyewa jasa seorang arsitek biasanya biaya yang dikeluarkan adalah 2-4% dari Rencana Anggaran Biaya yang sudah Anda rencanakan dengan matang dan pasti.

Biasanya adalah dengan membuat desain rumah yang akan ditentukan berapa rupiah per m2. harga yang mungkin berlaku adalah 90 ribu/ m2 sampai dengan 170 ribu/m2 atau bahkan bisa saja lebih tergantung dari tingkat profesionalisme seorang arsitek dan namanya di dunia arsitek. Semakin terkenal dan profesional arsitek tersebut maka biaya yang dikeluarkan akan semakin besar.

Untuk memperkirakan besaran biaya bangun rumah dengan menyewa jasa kontraktor maka ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan.

Biaya cost serta fee

Ditentukan dari prosentase besaran anggaran yang akan Anda keluarkan sebagai pemilik rumah. Prosentase untuk jasa kontraktor biasanya adalah 10-15% dari keseluruhan estimasi biaya bangun rumah Anda.

Namun, hal ini bisa jadi tidak menguntungkan jika Anda bertemu dengan jenis kontraktor yang “nakal” dan sering mengulur-ulur waktu pekerjaan. Sehingga biaya yang dikeluarkan menjadi melambung.

Fixed Cost dan Fee

Penghitungan besaran jasa bagi kontraktor dengan cara ini sebenarnya sama saja, namun lama pengerjaan sudah tidak menjadi masalah karena semuanya sudah dibicarakan sejak awal. Dengan kata lain, biaya yang akan Anda keluarkan adalah biaya kontraktor saja.

Sistem bayar borongan (lumpsum)

Biaya dengan cara ini biasanya digunakan oleh orang yang bersifat praktis dan tidak ingin ambil pusing. Besaran biaya akan diberikan begitu proyek telah diselesaikan dengan baik.

9 Comments

  1. wilda 26 January 2012
  2. Noviana 10 April 2012
    • GambarBangunan.com 10 April 2012
  3. riri 14 May 2012
  4. hilal 20 August 2012
  5. kris 11 December 2012
  6. rizal 22 September 2013
  7. wima 5 February 2014
  8. Agus sulistio 16 April 2018

Leave a Reply