Cara menghitung kebutuhan triplek atau gypsum untuk plafond

Kali ini kita coba buatkan tutorial mengenai cara menghitung kebutuhan triplek atau gypsum untuk plafond menggunakan sistem m2. Caranya cukup dengan menghitung luas plafond yang akan dikerjakan dalam satuan m2, mencari tahu luas triplek atau gypsum perlembar, lalu membagi volume plafond dengan luas material perlembar ditambah tambahan faktor keamanan maka ketemulah total kebutuhan.

Triplek dan gypsum merupakan dua jenis material yang banyak dipakai sebagai material penutup plafond rumah tinggal, gedung perkantoran, maupun bangunan lainya. keduanya memiliki nilai estetika tersendiri yang dapat melindungi langit-langit sekaligus memperindahnya.

 

rumus kebutuhan triplek atau gypsum untuk plafond

rumus kebutuhan triplek atau gypsum untuk plafond

Rumus kebutuhan triplek / gypsum untuk plafond

Kebutuhan triplek = Volume plafond : Luas perlembar + faktor keamanan 5%

Kt = Vp : Lp

Menghitung Luas 1 lembar triplek / gypsum

Standar ukuran triplek atau gypsum di pasaran toko bangunan adalah 1,2m x 2,4m. Jadi luasnya sama dengan 1,2m x 2,4m = 2,88m2. jika menggunakan ukuran lainya maka bisa dihitung dengan prinsip yang sama.

Menghitung luas plafond yang akan dipasang

Kita bisa menghitung volume luas plafond dengan satuan m2. misalnya untuk rumah ukuran 6m x 12m maka luasnya 6m x 12m = 72m2.

Menghitung kebutuhan triplek / gypsum

Dari data luas plafond yang akan dipasang sebanyak 72m2 serta luas 1 lembar triplek 2,88m2, maka sudah bisa kita hitung kebutuhan triplek atau gypsumnya.

  • Kebutuhan triplek = luas plafond : luas 1 lembar triplek
  • Kebutuhan triplek = 72 m2 : 2,88m2 = 25 lembar
  • ditambah angka keamanan 5% sebagai antisipasi jikalau ada kerusakan, sisa potongan terbuang, dan sejenisnya.
  • wise = 5% x 25 lembar = 1,25 lembar
  • Total kebutuhan triplek / gypsum = 25 lembar + 1,25 lembar = 26,25 lembar dibulatkan menjadi 27 lembar.

 

Cara yang lebih teliti yaitu dengan terlebih dahulu menggambar shop drawing plafond. Disitu dibuatkan gambar sedetail mungkin sehingga terlihat jelas bagaimana perletakan triplek beserta ukuran berikut potonganya. lalu bisa dihitung jumlah kebutuhanya. Apalagi jika plafond yang dibuat terdapat banyak ornamen beserta profilan yang bentuknya tidak datar, maka menghitung dengan sistem bijian akan lebih tepat dalam memperkirakan kebutuhan material. Demikian penjelasan tentang cara menghitung kebutuhan triplek atau gypsum untuk plafond semoga membantu. Cara ini juga berlaku untuk kalsiboard atau material plafond lainya.

Leave a Reply