Menghitung upah borong tenaga bangun kontrakan 3m x 9m

Menghitung upah borong tenaga bangun kontrakan 3m x 9m bisa dilakukan dengan cara mencari tahu luas serta harga borongan per m2. contohnya kita coba jawab pertanyaan bapak eko yang hendak membangun rumah kontrakan sebagai berikut.

Eko = “Kalau bikin kontrakan 3m × 9m, Upah borong tenaga berapa bos?”

berikut penjelasan mengenai sistem serta alur perhitunganya, semoga bisa menjadi gambaran dalam memperkirakan budget yang dibutuhkan.

Denah rumah kontrakan 3m x 9m

denah rumah kontrakan 3m x 9m

denah rumah kontrakan 3m x 9m

sebagai bonus jawaban diluar pertanyaan, disini kita buatkan denah kontrakanya, didalamnya terdapat ruang tamu, ruang tidur, dapur, kamar mandi wc, serta taman didalam rumah sebagai jalur sirkulasi udara bersih agar kondisi didalam ruangan tidak pengap.

Harga borong tenaga bangun kontrakan per meter persegi

disini kita perlu memburu data agar tahu berapakah biaya borong upah saja tanpa material untuk membangun kontrakan pada waktu dan tempat dimana pelaksanaan pembangunan berlangsung, perlu disesuaikan juga dengan kondisi bangunan apakah termasuk kualitas standar, menengah atau mewah, dilihat juga tingkat kesulitan pelaksaan pekerjaan pembangunan sesuai desain yang diharapkan. karena hal-hal tersebut akan mempengaruhi biaya borongan. misalnya kita dapatkan harga borong upah per m2 = Rp.1.000.000,- (satu juta rupiah).

Menghitung luas kontrakan dalam m2

Jika kita hendak membangun rumah kontrakan ukuran 3m x 9m, maka luasnya yaitu 3×9=27m2, ini jika yang dibangun adalah kontrakan 1 lantai, jika 2 lt maka tinggal dikalikan 2 yaitu 2x3x9= 54m2. untuk bangunan dengan ukuran berbeda, maka bisa dihitung seperti contoh rumus tersebut.

Menghitung biaya borong tenaga bangun kontrakan

dengan adanya data luas bangunan dan harga per m2, maka biayanya sudah bisa dihitung seperti ini

  • Biaya borong tenaga bangun rumah kontrakan = 27m2 x Rp.1.000.000,- = Rp.27.000.000,- terbilang = ( dua puluh tujuh juta rupiah).

perlu dingat kembali bahwa harga tersebut hanya untuk upah tenaga saja, sedangkan materialnya diadakan sendiri oleh pemilik rumah kontrakan. ada juga sistem borongan komplit sudah termasuk material dan upah.

 

Begitulah contoh cara menghitung upah borong tenaga bangun kontrakan 3m x 9m dengan sistem m2, semoga bisa dijadikan sebagai gambaran dalam memperkirakan rencana anggaran biaya bangunan (RAB), jika ingin lebih teliti maka bisa dihitung satu per satu setiap item pekerjaan, sistem perhitungan ini juga sama ketika membangun rumah tinggal.

One Response

  1. Siti 30 August 2017

Leave a Reply