Pengertian rumah adalah

Pengertian rumah adalah suatu bangunan yang berfungsi untuk tempat tinggal penghuninya, rumah biasanya dibuat senyaman mungkin dan seindah mungkin supaya si penghuni rumah tersebut merasa nyaman saat menempatinya. Rumah terdiri dari berbagai komponen bahan, diantaranya yaitu, rumah kayu, rumah dari anyaman bambu, rumah dari susunan material batu bata, bahkan di jaman sekarang sudah banyak rumah rumah yang menggunakan beton precast . Perbedaan penggunaan komponen bahan tersebut tergantung dari beberapa faktor diantaranya adalah kondisi wilayah/ iklim, suhu, dll. Tapi hal yang paling mendasar adalah kondisi ekonomi . untuk ekonomi rendah biasanya menggunakan rumah dari anyaman kayu sebagai alternatifnya. Rumah ada beberapa tingkatan berdasarkan ekonomi pemilik rumah tersebut, yaitu rumah sangat sederhana atau sering disebut dengan RSS, rumah sederhana atau RS, rumah modern, dan juga rumah mewah . sebenarnya secara fungsi rumah memiliki fungsi yang sama. akan tetapi banyak orang yang menilai rumah sebagai salah satu alat ukur ekonomi seseorang .

rumah adalah

rumah adalah

Rumah terdiri dari beberapa komponen yang disusun dan mempunyai fungsi sendiri – sendiri . adapun susunan – susunan komponen tersebut sebagai berikut :

  • Pondasi, pondasi adalah komponen struktur paling dasar atau paling bawah yang berfungsi sebagai tumpuan dari bangunan, dan fungsi pondasi yang utama adalah menyalurkan beban dari komponen – komponen bangunan di atasnya .
  • Lantai, sebagai dasar pada suatu rumah . berposisi diatas tanah
  • Langit – langit atau plafon, plafon berfungsi sebagai pemisah antara ruangan dalam dengan atap .
  • Balok sloof, balok sloof berada pada posisi atas pondasi
  • Kolom, kolom berfungsi sebagai struktur pada sebuah rumah
  • Dinding, dinding berfungsi sebagai partisi atau pembatas antara ruang satu dengan ruang yang lain .
  • Pintu dan jendela, berfungsi sebagai akses keluar masuk orang dan juga akses sirkulasi udara dan juga cahaya .
  • Ring balk, ring balk berfungsi sebagai bpengikat dinding dan juga kolom
  • atap, atap adalah penutup dati sebuah rumah, dan posisinya berada paling atas pada sebuah bangunan . atap berfungsi untuk melindungi penghuni rumah dari sinar matahari dan juga dari hujan .

Selain susunan pokok tersebut, ada juga komponen komponen pelengkap bangunan yang juga harus di perhatikan . seperti listrik sebagai penerangan, sumur atau PDAM sebagai sumber air, dan juga saluran air kotor serta tampungan air kotor seperti septictank, sumur resapan air kotor, dan juga sumur resapan air hujan . selain itu ada yang namanya pekerjaan finishing rumah, seperti plesteran, acian, pengecatan, dll . Jika anda berencana ingin membangun suatu rumah, saya sarankan untuk menggunakan jasa arsitek . soalnya itu akan berpengaruh pada konse, baik konsep tata ruang maupun bentuk rumah juga fungsi – fungsi rumah . semoga bermanfaat . . .

Leave a Reply