ilmu rumah

ilmu rumah

Standar ukuran pintu rumah

Written By: ilmurumah.com - Feb• 20•13

Sebenarnya berapa standar ukuran pintu rumah? asal buat saja, atau ada nilai khusus yang harus dipenuhi. jawabanya tentu saja ada ukuran minimal pintu agar nyaman digunakan. dan apabila ukuran pintu tidak memenuhi standar maka siap-siap saja tidak bisa dipakai untuk hunian, bayangkan apabila kita harus memasuki pintu rumah selebar 40 cm disitu kita harus miring agar bisa melewati pintu tersebut. hal ini tentu saja sangat tidak nyaman :-)

 

Kenapa harus ada standar ukuran pintu rumah?

  1. Lebar badan minimal manusia rata-rata 60cm harus bisa masuk kedalam lobang pintu rumah tinggal. jadi dibuat standar ukuran lebar pintu adalah minimal 70cm.
  2. Tinggi badan rata-rata orang Indonesia tidak lebih dari 210 cm jadi dibuat standar tinggi pintu rumah adalah minimal 2,1 m.

Minimal Ukuran pintu rumah adalah 70 cm x 210 cm

Jika anggota keluarga mempunyai ukuran badan diatas rata-rata maka ukuran pintu rumah bisa dibuat lebih besar atau lebih kecil untuk mendukung kenyamanan aktifitas keluarga.

Tabel ukuran pintu rumah

Ruangan Lebar minimal Tinggi minimal
Ruang tamu, ruang tidur, ruang makan 80 cm 210 cm
Kamar mandi, WC 70 cm 200 cm

Pintu kamar mandi bisa dibuat lebih kecil karena tidak digunakan untuk lalu lintas perabot rumah, sebaliknya ruang tamu, ruang tidur dan sejenisnya perlu lebih lebar agar furniture muat saat keluar masuk. Lalu bagaimana dengan pola-pola atau bentuk aneh-aneh yang biasanya ada pada permukaan pintu jendela? untuk yang satu ini tidak standar baku sehingga bisa diotak-atik sendiri sesuai kreatifitas masing-masing untuk mendapatkan bentuk dan ukuran pintu yang indah :-)

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *