Tips Agar Rumah Kecil Terasa Nyaman

Kebanyakan orang berfikir bahwa rumah yang nyaman adalah rumah yang luas, besar, dan memiliki halaman yang banyak. Memang dengan memiliki rumah yang besar dan luas, ruang gerak kita semakin bebas, privasi juga terjaga karena jarak kamar yang mungkin sedikit jauh.

Namun, bagi individu yang hanya memiliki rumah minimalis kriteria tersebut pasti tidak mendukung untuk mendapatkan kenyamanan. Harga rumah yang terus meningkat juga membuat angan-angan mendapat rumah idaman harus direlakan.

 

Tapi, jangan khawatir, memiliki rumah minimalis bukan berarti tidak bisa hidup nyaman seperti orang yang tinggal di rumah mewah. Setiap orang yang tinggal di rumah mana pun berhak mendapatkan kenyamanan. Dibawah ini adalah beberapa cara agar tinggal di rumah minimalis juga terasa nyaman:

Tata Perabotan yang Multifungsi

Agar enak dipandang, tatalah perabotan sebaik mungkin. Jangan sampai perabotan berdekata dengan tembok, upayakan agar berada di tengah atau sela ruangan. Tata letak perabotan menentukan kesan ruangan yang lebih luas. Kita bisa membuat perabotan yang multifungsi tidak tersebar kemana-mana, misalnya tempat tidur menyatu dengan rak buku, hal itu akan menghemat tempat dan terlihat simpel. Jika perlu tarulah bunga yang dipadu dengan vas agar ruangan terlihat lebih cantik dari sebelumnya.

Letakkan Barang yang Perlu saja

Rumah terasa sempit karena banyaknya barang? Mulai sekarang pilihlah barang-barang di rumah yang memang masih dibutuhkan dan berfungsi lalu singkirkan barang-barang yang sudah tidak digunakan. Kurangi pembelian barang dengan bentuk yang besar sehingga menghabiskan banyak ruang, belilah barang yang simple agar ruangan  terasa lebih lapang.

Permainan Cermin

Cermin sangat berguna untuk membuat ruangan terkesan lebih luas. Letakkan cermin besar di salah satu dinding ruang yang panjang atau di belakang perabotan. Sudut pandang akan berubah semakin besar dalam ruangan itu karena cermin membuat ilusi ruangan tampak menjadi lebih luas.

Pastikan Cahaya Masuk

Ketika membeli rumah atau membangun rumah pastikan rumah tersebut memiliki pencahayaan yang baik. Jika sudah terlanjur memiliki rumah yang sempit buatlah jendela besar supaya cahaya bisa masuk. Jendela besar akan membuat kesan yang lebih luas dan membuat pemilik rumah merasa tidak terkekang. Jika perlu tanamlah beberapa tanaman, atau membuat taman agar rumah lebih sejuk dan rindang.

 

Menggunakan warna terang

Warna dinding rumah juga meningkatkan kenyaman rumah. Aplikasikan warna dinding yang cerah supaya meningkatkan semangat tinggal di rumah tersebut. Selain itu warna yang cerah akan memaksimalkan cahay masuk ke dalam ruangan. Tidak perlu terlalu banyak ruangan yang di cat dengan warna cerah. Cobalah untuk memadukan ruangan keluarga dengan ruang agar rumah terkesan lebih besar atau ruang makan dengan dapur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *