Tips Membuat Plafon Rumah Minimalis

Jika genteng atau atap rumah merupakan salah satu bagian paling penting dari sebuah rumah, maka plafon atau langit-langit rumah menjadi bagian sekundernya. Plafon memiliki fungsi yang cukup penting dalam melindungi rumah dari kotoran dan debu yang jatuh dari genteng. Lantai rumah yang memiliki plafon akan terlihat bersih dari kotoran dari atap.

Kebanyakan orang membuat plafon rumah dengan menggunakan jasa tukang bangunan, namun tentu saja hal itu akan membutuhkan biaya yang cukup besar. Untuk itu, ada baiknya jika Anda membuat sendiri plafon rumah minimalis ketika Anda  memiliki waktu senggang, misalnya pada saat libur atau pada akhir pekan. Namun, perlu dipahami bahwa  jika desain plafon rumah minimalis dibuat sendiri, sebaiknya terjadi kombinasi yang harmonis antara lantai dan dinding rumah dengan plafon yang akan dibuat.

Plafon rumah minimalis yang akan dibuat sebaiknya sesuai dengan gaya hunian yang dipilih, misalnya saja gaya hunian mewah atau elegan, modern, ataukah klasik. Dengan demikian, desain tersebut akan terlihat indah walau hanya dikerjakan sendiri tanpa menggunakan jasa tukang bangunan. Sebaiknya sebelum membuat rumah, sudah ada hambaran awal mengenai jenis plafon yang akan digunakan, sehingga ketika rumah telah selesai dibangun, Anda tinggal membuat plafon sesuai gambaran awal tersebut.

 

Berikut ini tips dan langkah membuat plafon rumah minimalis

  1. Membeli beberapa bahan bangunan untuk plafon

Langkah pertama untuk mebuat plafon adalah menyiapkan bahan bangunan yang akan digunakan. Belilah bahan atau material bangunan untuk membuat plafon di toko bangunan di sekitar rumah Anda.

Bahan-bahan bangunan yang perlu dipersiapkan seperti plafon atau internit yang memiliki bahan seperti plywood, fiberglass, gypsum, dan lain sebagainya. Sebagai bahan pelengkap, beli juga paku, paku plafon, kayu, cat, dan lain sebaginya. Setelah mempersiapkan bahan-bahannya, persiapkan juga alat bangunan yang akan digunakan untuk membangun plafon seperti palu, gergaji, dan lain-lain.

  1. Cara memasang plafon untuk rumah minimalis

Langkah pertama untuk memasang plafon adalah mempersiapkan potongan-potongan kayu untuk plafon. Kayu-kayu tersebut seharusnya cukup untuk sebuah ruangan untuk kerangka plafon, contohnya saja ruangan 12 meter2 atau ruangan 3 x 4 membutuhkan potongan kayu sekitar 40 meter. Dibutuhkan pula pijatan kaki saat akan memasang plafon yang biasanya membutuhkan potongan kayu sekitar 20 meter.

Sebelum memasang plafon, terlebh dahulu buat pijatan kaki yang bisa digunakan saat memasang plafon. Buatlah pijatan kaki yang tingginya sekitar satu atau 1,5 meter. Jika pijatan kaki sudah selesai, maka tinggal memasang balok kayu plafon di ke empat sisi ruangan dan memasang kerangka berbentuk persegi sebagai tempat menempelnya internit atau plafon. Perlu diingat bahwa untuk memaku plafon gunakan paku plafon yang biasanya berbentuk lebih lebar dan pipih di bagian ujungnya.

  1. Proses finishing membangun plafon rumah minimalis

Proses terakhir dalam mebuat plafon rumah minimalis adalah proses finishing. Pada tahap ini plafon rumah sudah terpasang dengan baik. Hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menambal celah yang ada di antara 1 plafon atau internit dengan yang lainnya dengan menggunakan adonan semen yang dicampur gamping. Untuk memperindah plafon, setelah semen mengering plafon dicar dengan warna yang sesuai degan tema atau desain rumah.

Leave a Reply