Tips Membuat Rumah yang Ramah Lingkungan dengan Kopi

Siapa bilang kopi hanya untuk minuman saja? Setelah membaca ini anda akan mengetahui bahwa kopi bisa dijadikan bahan dasar dari pembuatan bangunan kokoh sebuah denah rumah 2 lantai. Tidak percaya? Semula ide ini berasal dari sebuah penelitian yang diadakan di University of Andes di Colombia oleh seorang mahasiswa teknik yang ingin mencari cara lain dalam proyek pembangunan rumah tanpa harus menggunakan bahan kimia. That’s it! Akhirnya dia menemukan jawabannya dan itu berasal dari pengolahan kopi yang dijadikan bahan dasar bangunan.

 

Mengapa harus menggunakan kopi sebagai bahan dasar bangunan? Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan kopi untuk material dasar. Selain biayanya tidak begitu mahal, perawatannya pun juga mudah dan tak perlu bersusah payah untuk mempertahankan keindahannya. Selain itu, tidak mengandung bahan kimia sehingga tidak beracun. Ini sangat cocok sekali untuk bahan dasar denah rumah 2 lantai dan berbagai model rumah yang lain.

 denah-rumah-2-lantai

FLeksibilitas dan ketahanan yang tinggi adalah alasan lain dari penggunaan kopi untuk bahan dasar denah rumah 2 lantai. Masalah kualitas, bahan yang semula digunakan untuk minuman saja ini tak perlu diragukan lagi. Kekuatannya tak tertandingi dan sanggup bertahan lama. Daripada menebang pohon untuk memperoleh kayu sebagai bahan dasar bangunan, lebih baik memakai solusi ini untuk sebuah rumah yang ramah lingkungan dan sebagai wujud pencegahan penebangan liar yang menjadi faktor utama hutan gundul.

 

Penggunaan bahan kimia dalam proyek pembangunan rumah memang tak terelakkan lagi. Namun dengan adanya kopi, penggunaan tersebut bisa dikurangi sehingga tercipta sebuah rumah yang sehat dan ramah lingkungan. Lalu, bagaimanakah cara mengolah kopi menjadi bahan dasar sebuah bangunan?

 

Tak bisa terbayangkan di kepala bagaimana biji kopi kecil-kecil tersebut digunakan untuk membangun rumah. Eits, sebenarnya bukan biji-bijinya yang digunakan untuk bahan dasar denah rumah 2 lantai tersebut, melainkan kulit luar dari biji kopi yang keras. Biasanya oleh para pengolah kopi, bagian keras yang membungkus biji kopi ini dibuang dan sudah tidak dipergunakan lagi. Namun sekarang berbeda, bahkan lapisan biji kopi yang luas tersebut pun bisa dimanfaatkan juga.

 

Kulit luar biji kopi yang keras tersebut dicampur dengan PVC untuk mendapatkan ketahanan yang kokoh. Ini bisa dijadikan panel dalam pembangunan denah rumah 2 lantai. Daripada menebang pohon untuk memperoleh kayu agar bisa membuat kerangka rumah dan berakibat kerusakan hutan, lebih baik memanfaatkan limbah kopi yang dicampur dengan PVC untuk kualitas yang luar biasa.

Manfaat lain yang bisa diperoleh dari penggunaan kopi sebagai bahan dasar denah rumah 2 lantai adalah biaya yang lebih murah. Mendengar kata murah, ini menjadi suatu berita gembira bagi setiap orang yang ingin memiliki rumah ideal, ramah lingkungan dan sehat dengan kopi alami. Jadi, bagaimana dengan rumah anda?

One Response

  1. Daliusianjaya Abadi 23 August 2012

Leave a Reply