Cara agar dak beton tidak retak atau melengkung

Membuat cor dak beton seringkali terjadi kegagalan sehingga mengalami keretakan atau melengkung, hal ini tentu saja sangat merugikan, terkadang harus dibongkar kembali untuk memperbaikinya karena kondisinya rawan roboh sehingga tidak memberikan rasa nyaman ketika melintas dibawahnya. lalu apa saja cara yang bisa dilakukan agar dak beton tidak retak atau melengkung? mari kita bahas disini, barangkali dapat menjadi bahan referensi atau sekedar pengingat kembali bagi rekan-rekan kita yang kebetulan akan melakukan pekerjaan cor dak beton.

 

Cara agar dak beton tidak retak atau melengkung

  1. Memakai besi tulangan yang cukup untuk menahan gaya tarik pada struktur plat beton, namun penggunaan yang diatas kebutuhan justru akan menyebabkan struktur menjadi berat dan terjadi pemborosan biaya pembangunan, jadi perlu dihitung dimensi dan jumlah besi yang pas untuk dak beton.
  2. Tebal plat beton cukup untuk menahan gaya tekan, untuk plat lantai beton bisa dibuat dengan minimal ketebalan 12 cm, sedangkan untuk plat atap beton bisa dibuat dengan minimal ketebalan 8 cm.
  3. Syarat no 1 & 2 memerlukan proses perencanaan perhitungan struktur plat lantai oleh tenaga ahli Teknik Sipil.
  4. Tidak menambahkan beban bangunan melebihi batas kekuatan yang direncanakan, misalnya menaruh mobil truck di atap rumah tinggal 🙂 padahal tidak direncanakan sebelumnya, maka bisa dipastikan bangunan bukan hanya retak atau melengkung tapi bisa roboh total.
  5. Kualitas beton yang digunakan sesuai dengan kebutuhan misalnya memakai beton K-175, K-225, K-300 dan seterusnya menyesuaikan kebutuhan struktur.
  6. Melakukan perlambatan pengerasan beton setelah proses pengecoran, seperti dengan cara menyiramkan air. menaruh kain basah diatas permukaan lantai, karena beton yang terlalu cepat mengeras bisa mengalami keretakan.
  7. Pembongkaran bekisting dilakukan minimal setelah 28 hari sejak pengecoran beton, karena beton mampu mengeras sempurna saat berumur 28 hari, kecuali ditambahkan zat kimia campuran untuk mempercepat pengerasan, maka bekisting bisa dibongkar lebih awal.
  8. Dalam pembuatan plat kanopi seperti pada ornamen atas jendela rumah tinggal, sebaiknya saat pembuatan bekisting dilakukan pelengkungan pada bagian tengah sehingga ketika dibongkar akan datar dan lurus.

 

Begitulah beberapa cara yang mungkin dilakukan untuk mencegah terjadinya keretakan atau bahkan roboh pada struktur dak plat lantai beton, jika ada yang megetahui cara lain, maka bisa berbagi pengetahuan di ilmurumah.com ini 🙂

9 Comments

  1. Aplikasi Android Gratis 9 January 2015
  2. Denny Adhytia 17 January 2015
  3. nokturnal animal 10 November 2016
  4. cacar air 16 November 2016
  5. AnekaVaria 29 December 2016
  6. Trends gadget 11 November 2017
  7. Ansori 23 November 2017
  8. sriyono 4 September 2018
  9. Nurul hidayati 5 February 2019

Leave a Reply