ilmu rumah

ilmu rumah

Cara menghitung biaya renovasi rumah

Written By: ilmurumah.com - Feb• 28•13

Kegiatan merenovasi rumah bisa jadi membutuhkan biaya jauh lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya jika tidak dihitung dengan tepat, oleh karena itu diperlukan perencanaan yang baik sehingga dapat diketahui berapa sebenarnya biaya yang dibutuhkan, kalaupun hasil perhitungan ternyata lebih tinggi dari budget yang tersedia maka bisa dilakukan perubahan desain agar bisa lebih murah atau bisa juga dengan melakukan renovasi secara bertahap. Disini kita akan coba mengungkap salah satu cara menghitung biaya renovasi rumah dengan harapan semoga bermanfaat bagi yang kebetulan sedang membutuhkan referensi tentang ini.

 

Cara menghitung biaya renovasi rumah

  1. Sebelumnya kita buat terlebih dahulu data exsisting rumah yang akan direnovasi. Dari data tersebut maka kita bisa memperkirakan bagian mana yang akan dibongkar, diganti atau dibiarkan begitu saja. Semakin bagus dan lengkap data existing rumah maka perhitungan bisa semakin mendekati kebenaran.
  2. Membuat gambar desain rencana renovasi rumah sehingga dapat digunakan sebagai acuan menghitung biaya RAB, mengurus IMB,  dan untuk pedoman pelaksanaan pembangunan.
  3. Pehitungan biaya renovasi rumah bisa menggunakan system analisa harga satuan dengan cara mengalikan volume pekerjaan dengan harga satuan.
  4. Menjumlahkan semua harga masing-masing pekerjaan sehingga didapatkan angka total yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah.

Jadi gambaran lebih singkatnya dapat kita ketahui bahwa urutan menghitung biaya renovasi rumah adalah sebagai berikut.

  • Membuat gambar rumah.
  • Menentukan spesifikasi bangunan.
  • Menghitung volume masing-masing item pekerjaan.
  • Mencari data harga bahan bangunan, dan upah tenaga kerja perhari.
  • Mencari data analisa harga satuan pekerjaan, bisa dari SNI standar nasional Indonesia, analisa BOW, standar perusahaan atau membuat analisa sendiri berdasarkan pengalaman.
  • Mengalikan voume dengan analisa harga satuan pekerjaan.
  • Jika semua pekerjaan sudah diketahui harganya maka bisa dilanjutkan dengan membuat jomlah total biaya keseluruhan.
  • Membuat rekapitulasi biaya renovasi rumah.

 

Demikian kurang lebih uraian tentang cara memperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah tinggal, cara lain tentu saja masih banyak, jadi silahkan mencari referensi sebanyak mungkin dan mempelajarinya sehingga bisa menghitung biaya renovasi rumah secara tepat, dan jika sudah dihitung dengan matang maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengendalian biaya saat pelaksanaan agar tidak terjadi pembengkakan.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *