Jenis pondasi yang cocok pada tanah lunak

Rumah yang kuat harus ditopang oleh struktur pondasi yang kuat, pondasi tersebut harus mampu berdiri kokoh diatas tanah, permasalahanya adalah bagaimana jika kondisi tanah tidak keras? untuk itu disini kita akan membahas tentang jenis pondasi yang cocok pada tanah lunak.

 

Pondasi yang cocok pada tanah lunak

  1. Sebelumnya perlu dilihat terlebih dahulu bagaimana struktur tanahnya apakah tergolong sangat lunak sehingga perlu dilakukan perbaikan dengan cara melakukan galian kemudian mengganti dengan tanah yang baru.
  2. Jenis pondasi cakar ayam cukup aman untuk digunakan pada tanah lunak karena desainya terinspirasi oleh akar pohon kelapa yang mampu menahan pohon tinggi menjulang meskipun berdiri di tepi pantai yang tanahnya lunak. Jenis pondasi ini sering salah dalam penyebutan sebagai pondasi foot plat, karena sebenarnya berbeda.
  3. Alternatif lain yaitu melakukan penggalian tanah lalu melakukan pengecoran plat beton kemudian menggunakan pasangan pondasi batu kali diatasnya.
2 Comments
  1. 3 years ago
    jasa bor

    lebih baik lagi jika dilakukan tes sondir atau soil tes ,kemudian ditentukan pondasi yang cocok sesuai dengan daya dukung tanahnya

    Reply
  2. 2 years ago
    Tukang Bore Pile

    pondasi untuk tanah lunak bisa memakai pondasi dalam seperti mini pile,bore pile,tiang pancang

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *