Software denah rumah

Ketika kita ingin membangun sebuah rumah, seringkali kita sudah memiliki ide tersendiri mengenai hal-hal yang berkaitan dengan rumah. Misalnya saja mengenai konsep rumah, desain arsitektur rumah, hingga sampai ke denah rumah. Hal ini kadang membuat kita merasa gatal untuk mengolah sendiri ide tersebut hingga matang dan siap dipakai. Namun, keterbatasan pengetahuan serta alat terkadang menghambat kita untuk melakukan hal tersebut.

Dalam membuat denah rumah, terkadang kita mengalami hambatan untuk menggambar secara manual denah yang kita inginkan. Namun, seiring berkembangnya teknologi, kini permasalahan tersebut bisa diatasi. Kita bisa memanfaatkan software denah rumah yang banyak ditawarkan di internet.

 

Ada beberapa macam software denah rumah yang ada. Software denah rumah tersebut bisa menawarkan beberapa fitur untuk pembuatan denah rumah dengan berbagai dimensi. Ada yang hanya 2 dimensi maupun 3 dimensi. Macam software denah rumah tersebut antara lain Auto Cad, 3DS max, Ashampoo Home Designer Full version, Sweet Home 3D, dan Easy Plan Pro.

Masing-masing software yang ada memiliki keunggulan masing-masing. Untuk pemula yang belum mengerti mengenai aplikasi software denah rumah, lebih baik gunakan Ashampoo Home Designer Full Version atau Sweet Home 3D. Hal ini karena pengoperasiannya yang mudah sehingga tidak membutuhkan skill yang khusus. Yang perlu dilakukan dalam menggunakan fitur yang ada hanyalah drag and drop. Software ini juga cocok untuk digunakan untuk mendesain denah rumah yang sederhana. Selain itu, ukuran filenya juga kecil sehingga bisa disimpan ke dalam flash disk.

Fitur-fitur yang tersedia dalam software denah rumah sangatlah banyak. Misalnya saja terdapat beberapa gambar pintu, jendela, netuk geometris, dan sebagainya yang bisa kita pakai untuk menambahkan elemen dalam ruangan. Tinggal klik gambar yang diinginkan, kemudian drag ke dalam denah rumah lalu drop. Maka, ruangan akan terisi dengan gambar yang kita ambil dari fitur tersebut. Namun, jika jumlah fitur masih dirasa kurang, kita masih bisa mengimpor dari luar sehingga fitur menjadi semakin lengkap.

 

Selain memposisikan benda dalam denah rumah, software denah rumah juga bisa digunakan untuk memperkecil atau memperbesar ukuran yang kita inginkan. Bahkan, ada pula software yang dilengakapi dengan pengukuran secara otomatis seperti Ashampoo Home Designer Full Version.

Sofware denah rumah tersebut ada yang berbayar namun banyak pula yang gratis. Software yang bisa dapatkan secara gratis antara lain Sweet Home 3D, Ashampoo Home Designer dan sebagainya. Caranya adalah cukup dengan mendownload software dari internet kemudian menginstallnya pada computer atau laptop kita. Namun, ada pula software yang tidak perlu diinstal seperti Sweet Home 3D atau Easy Plan Pro. Cukup dengan menjalan file exe nya, maka software sudah bisa digunakan.

 

Selain hal tersebut di atas, kita juga bisa mengatur skala denah yang digunakan. Dengan demikian, maka kita tidak perlu repot-repot menghitung sendiri skala denah secara manual. Hal ini akan mempermudah kita membuat denah rumah secara cepat serta tepat sesuai dengan lahan yang kita miliki.

Meskipun dalam beberapa software denah rumah menampilkan 3D view, namun dalam proses pembuatan denah tetap menggunakan 2D. Dengan demikian, maka proses pembuatan menjadi lebih mudah namun dengan hasil view yang indah. Jika kita sudah selesai mendesain rumah dengan software denah rumah tersebut, maka kita bisa menyimpannya dalam format PDF, RTF, atau XML. Lalu, hasil tersebut bisa kita konsultasikan arsitek kita.

Leave a Reply